Rabu, 26 Agustus 2009

Cara Seting Parental Control Windows 7

Mungkin Anda pernah mengalami ketika sedang bekerja di kantor, kawan Anda meminjam komputer yang sedang Anda gunakan untuk sekedar membuka e-mail atau mencetak suatu dokumen, terutama bila mereka memiliki account di komputer tersebut. Anda tentu tidak akan berkeberatan apabila baru saja memulai pekerjaan Anda. Tetapi akan sangat menjengkelkan apabila hal tersebut terjadi ketika Anda sedang melakukan pekerjaan yang kompleks, yang mengharuskan Anda bekerja dengan membuka beberapa aplikasi ataupun Anda sudah jauh melakukan browsing dengan membuka beberapa jendela.

Microsoft Windows Vista menyediakan fasilitas yang memungkinkan untuk melakukan pergantian account user sebanyak yang Anda inginkan tanpa harus melalui proses log off, menutup Windows ataupun aplikasi yang sedang digunakan. Dan apabila user yang lain sudah selesai dengan keperluannya, Anda dapat kembali ke account Anda dan meneruskan pekerjaan tanpa harus membuka aplikasi yang Anda gunakan satu persatu. Fitur tersebut dikenal dengan nama Switch User.

Membuat Account Baru

Untuk membuat Account baru prosedurnya adalah dari Desktop klik tombol Start, lalu klik Control Panel. Dari Control Panel klik User Accounts and Family Safety. Klik User Accounts dan klik Manage another aoounts, lalu klik Allow untuk menampilkan kendela Manage Accounts dan klik Create a new account.

Setelah mengklik Create a new account Windows Vista akan menampilkan jendela untuk menuliskan Account baru. Ketikkan Account baru tersebut di kolom New Account Name, misalnya Putik, lalu klik Standard user atau apabila Anda menginginkan tingkat otoritas Administrator, Anda pilih Administrator dan klik Create Account atau Cancel untuk membatalkan. Untuk pilihan ini Anda kik Create Account untuk membuat Account baru bernama "Putik".

Membuat Password

Account yang sudah Anda buat sekarang sudah bisa digunakan, hanya saja masih belum dibuat keamanannya terutama password. Untuk itu buatlah password, caranya klik Account yang baru Anda buat. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat keamanan dari user tersebut, misalnya untuk menentkan Account. Setelah itu akan tampil jendela Make changes to Putik's Account. Putik's adalah Account yang baru Anda dibuat. Selanjutnya klik Cange your password. Setelah itu akan tampil jendela Create a password for Putik's account dan ketikkan password di kolom Type a new password, misalnya "admin001", ketikkan sekali lagi password Anda di kolom Type a new password again to conform, misalnya "admin001". Anda juga bisa menuliskan kata sebagai pengingat password Anda di kolom Type a word or phrase tu use as a password hint, misalnya admin, lalu klik Change Password.

Remove Password

Untuk menghapus password dalam sautu Account tidak terlalu sulit, caranya klik Remove password. Setelah itu jendela Remove password segera tampil lalu klik Remove password

Change the Picture

Pilihan ini digunakanuntuk mengganti gambar dari account yang sudah dibuat. Caranya klik pilihan Change the picture, setelah itu jendela pilihan gambar segera tampil. Klik salah satu gambar yang ada atau bisa juga mengambil dari lokasi tertentu apabila Anda menyimpan gambar yang sesuai dengan keinginan Anda. Apabila sudah menemukan gambar yang dipilih klik gambar yang dipilih lalu klik Change picture.

Menghapus Account

Untuk menghapus Account caranya klik tombol Start dari Deskto, lalu klik Control Panel dan klik Add and Remove user accounts di bawah pilihan User Accounts and Family safty. Setelah itu klik salah satu Account yang akan dihapus, misalnya putik dan Klik Delete the account. Selanjutnya klik Keep Files jika Anda akan menyimpan semua dokumen yang ada di bawah Account tersebut. Sedangkan apabila Account tersebut akan dihapus berikut dokumen yang ada maka pilih Delete Files, dan pilihan Cancel digunakan untuk membatalkan proses penghapusan Account. Setelah tampil jendela Delete Account, klik pilihan Delete Account

Menggunakan Switch User

Pada saat seorang user memilih Switch User, komputer secara otomatis akan kembali ke tampilan Welcome Screen. Kemudian user yang pertama dapat bergantian menggunakan komputer dan user yang lain dapat log on ke dalam accountnya, adapun cara yang harus dilakukan untuk menggunakan fitur Switch User pertama tampilkan perintah Switch User dengan salah satu cara klik Start, klik Log off kemudian pilih Switch User atau tahan tombol berlambang Windows di papan ketik, lalu tekan huruf L.

Selanjutnya klik tombol Switch User. Setelah itu layar log on Windows Vista akan menampilkan jumlah program yang sedang digunakan oleh tiap user di dalam masing-masing user account. Lalu klik salah satu account user yang akan digunakan, misalnya Tutang dan ketikkan password Anda (apabila ada), klik tombol panah untuk melakukan log on ke sistem komputer Anda.

Setup Parental Control

Parental Control adalah suatu fasilitas yang disediakan Windows Vista untuk membuat suatu proteksi terutama bagi anak-anak atau user tertentu. Sebagai contoh, apabila Anda membuat sebuah user untuk anak Anda, maka gunakanlah suatu proteksi agar user atau pengguna tersebut tidak bisa mengunjungi situs tertentu di Internet. Dengan melakukan sedikit seting di pilihan Setup Parental Control user tidak bisa memasuki atau situs tertentu.

Untuk membuat filter pada salah satu user setup Parental Control, caranya dari jendela Account:

  1. Klik Manage another account
  2. Klik salah satu account, misalnya putik
  3. Klik Set up Parental Control
  4. Klik salah satu account yang akan ditangani, misalnya putik. Setelah itu jendela awal Setup Parental Control.
  5. Klik On pada pilihan Parential Control, semua komponen akan menyala dan di kotak user akan tampil Up to ADULT ONLY
  6. Klik On pada pilihan Activity Reporting
  7. Klik pilihan lain, misalnya Web restrictions
  8. Klik On pada pilihan Do you want to block same web content?
  9. Setelah itu tentukan pilihan web yang akan di block di pilihan Web contents, misalnya Anda akan memblock pilihan Phornography, Sex Education, dan sebagainya dan klik OK untuk menutup jendela tersebut sekaligus membuat proteksi ke dalam user account bernama putik.

Dengan demikian Account bernama PUTIK tidak akan bisa memasuki situs-situs tertentu yang telah di block.

0 komentar:

Poskan Komentar

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com | Redesign by Computer and Internet Tips2009

Back to TOP